Fitur terbaik iPadOS 16 hadir di iPad non-M1

Fitur terbaik iPadOS 16 hadir di iPad non-M1

Stage Manager, salah satu perubahan paling mendasar pada platform iPad sejak peluncuran tablet Apple lebih dari satu dekade lalu, kini bersiap untuk menghadirkan lebih banyak iPad Pro daripada hanya yang menjalankan silikon M1 kustom terbaru Apple.

Apple mengumumkan perluasan akses ke Stage Manager dalam sebuah pernyataan singkat, yang diperoleh dari perwakilan Apple, pada hari Selasa. Perusahaan juga mencatat bahwa dukungan untuk tampilan eksternal melalui iPad M1 “akan tersedia akhir tahun ini.”

Sudah hampir lima bulan sejak Apple merilis Stage Manager di WWDC 2022 sebagai bagian dari iPadOS 16. Tidak seperti platform lain yang dirilis hari itu, termasuk iOS 16 dan watchOS 9, iPadOS 16 tetap dalam versi beta, mungkin menunggu iPad baru. yang mungkin atau mungkin tidak tiba bulan depan.

Stage Manager menambahkan kemampuan untuk mengelola beberapa jendela aplikasi (terbuka di tab baru) – hingga delapan – dalam serangkaian pengaturan yang dapat disesuaikan, jika tidak sepenuhnya dapat disesuaikan. Dibutuhkan kemampuan multi-jendela iPad sebelumnya ke tingkat berikutnya dan menjadikannya sepupu yang lebih dekat dengan macOS Ventura. Ini adalah peningkatan yang kuat jika tidak sempurna, tetapi cukup baik sehingga beberapa orang frustrasi karena Stage Manager terbatas pada iPad yang menjalankan chip Apple Silicon M1.

Ini berubah dengan iPadOS 16.1 beta terbaru (beta 3). Ketika kami bertanya kepada Apple tentang pembaruan, mereka mengirimi kami pernyataan ini:

“Kami memperkenalkan Stage Manager sebagai cara baru untuk melakukan banyak tugas dengan jendela yang tumpang tindih dan dapat diubah ukurannya di layar iPad dan layar eksternal terpisah, dengan kemampuan menjalankan hingga delapan aplikasi langsung di layar secara bersamaan. Dukungan multi-display hanya dimungkinkan dengan kekuatan penuh iPad berbasis M1. Pelanggan dengan iPad Pro generasi ke-3 dan ke-4 telah menyatakan minat yang besar untuk dapat mencoba Stage Manager di iPad mereka. Sebagai tanggapan, tim kami bekerja keras untuk menemukan cara menghadirkan versi layar tunggal untuk sistem ini, mendukung hingga empat aplikasi langsung di layar iPad sekaligus.”

Sebelumnya, Stage Manager hanya bekerja di iPad Air (2022), iPad Pro 12,9 inci (2021), dan iPad Pro 11 inci (2021). Sekarang seharusnya berfungsi pada iPad Pro 2020, yang menjalankan chip M1, dan yang lebih menarik, pada iPad Pro 2018 yang menjalankan CPU Bionic A12Z.

Sebagaimana dicatat, akan ada batasan. Alih-alih delapan aplikasi, Stage Manager di tablet ini akan dibatasi hingga empat aplikasi (hanya satu lebih banyak daripada yang dapat Anda jalankan di iPad tanpa Stage Manager).

Jika Anda memiliki salah satu iPad Pro lama ini dan menjalankan iPadOS 16 beta terbaru, Anda dapat melihat Stage Manager beraksi. Ingatlah bahwa Anda harus mendaftar ke Apple Developer Access untuk mengunduh build ke perangkat Anda. Selain itu, beta dapat menjadi tidak stabil dan Anda tidak ingin menempatkan iPadOS 16.1 Beta 3 pada sistem apa pun yang Anda percayai untuk melakukan pekerjaan nyata.

Komentar Apple tentang mendukung tampilan eksternal menyiratkan bahwa mungkin ada penundaan hingga akhir tahun ini untuk kemampuan menghubungkan layar lain ke iPad M1 Anda dan menjalankan Stage Manager melaluinya sebagai pengalaman layar penuh resolusi penuh. Ini tidak berlaku untuk iPad Pro non-M1 karena tidak mendukung fitur tampilan eksternal.

Adapun kapan iPadOS 16 akan keluar dari sayap untuk menjadi sistem operasi publik yang lengkap seperti saudara dan saudari platformnya, tidak ada yang tahu. Pantau terus untuk update terbaru.

Sementara itu, jika Anda mencari iPad Apple terbaik untuk menjalankan iOS 16, mulailah dari sini.

Author: Justin Garcia